Pengaruh Handphone Terhadap Akhlak seorang anak

PENGARUH HANDPHONE TERHADAP AKHLAK SEORANG ANAK KHUSUSNYA USIA 10 SAMPAI 14 TAHUN

Tugas ini di susun untuk memenuhi tugas mini riset

Matakuliah:

“Materi Akidah Akhlak III”

Dosen Pengampu :

Dr. Nur Habibullah, M.Pd.I

 

 


    

 

Disusun oleh :

M. Nur Afandi (19-11-2473

Jurusan Pendidikan Agama Islam

Semester IV B

 

YAYASAN PENDIDIKAN DAN AMAL SOSIAL AN-NADWAH

SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM AN-NADWAH

KUALA TUNGKAL

2021/2022

 

 

 

KATA PENGANTAR

 

Assalamualaikum wr. wb

            Puji dan syukur kami ucapkan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, karena berkat rahmat dan karunia-Nya kami dapat menyelesaikan tugas makalah ini. Saya juga bersyukur atas berkat rezeki dan kesehatan yang diberikan kepada kami sehingga kami dapat mengumpulkan bahan – bahan materi makalah ini dari internet dan perpustakaan. Kami telah berusaha semampu saya untuk mengumpulkan berbagaimacam bahan tentang “Pengaruh Handphone terhadap akhlak anak.

            Kami sadar bahwa makalah yang kami buat ini masih jauh dari sempurna, karena itu kami mengharapkan saran dan kritik yang membangun untuk menyempurnakan makalah ini menjadi lebih baik lagi. Oleh karena itu kami mohon bantuan dari para pembaca.

            Demikianlah makalah ini kami buat, apabila ada kesalahan dalam penulisan, kami mohon maaf yang sebesarnya dan sebelumnya kami mengucapkan terima kasih.

Wassalam

 

                                                                                                Parit 8 , 2 Juli 2021

 

                                                                                            M. Nur afandi

                                                                                             Penyusun

       

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

            Perkembangan dan kemajuan teknologi saat ini tidak mungkin bisa dihambat, sehingga siapapun dapat merasakan kecanggihan dari teknologi ini.Hampir diseluruh pelosok negeri telah banyak menggunakan dan memanfaatkan media elektronik terutama Handphone. Handphone adalah sebuah media telekomunikasi terkenal yang berfungsi sebagai alat komunikasi dan sarana untuk berselancar di dunia maya.

            Kata akhlak berasal dari kata khalaqa dengan akar kata khuluqan (Bahasa Arab) yang berarti perangai, tabi’at, dan adat, atau berasal dari kata khalqun (Bahasa Arab) yang berarti kejadian, buatan, ciptaan. Jadi secara ettimologis akhlak berarti perangai, adat, tabi’at atau sistem perilaku yang dibuat. Secara bahasa, akhlak bisa baik dan bisa buruk, tergantung kepada tata nilai yang dijadikan landasan atau tolak ukurnya. Di Indonesia, kata akhlak selalu berkonotasi positif. Orang yang baik seringkali disebut orang yang berakhlak, sementara orang yang tidak baik seringkali disebut orang yang tidak berakhlak. Secara istilah, akhlak adalah sistem nilai yang mengatur pola sikap dan tindakan manusia di atas bumi

            `Moral adalah produk dari budaya dan Agama Secara metodologis, tidak setiap hal menilai perbuatan dapat dikatakan sebagai etika. Etika memerlukan sikap kritis, metodis, dan sistematis dalam melakukan refleksi. Karena itulah etika merupakan suatu ilmu. Sebagai suatu ilmu, objek dari etika adalah tingkah laku manusia. Akan tetapi berbeda dengan ilmu-ilmu lain yang meneliti juga tingkah laku manusia, etika memiliki sudut pandang normatif. Maksudnya etika melihat dari sudut baik dan buruk terhadap perbuatan manusia.

            Bagaimana etika anak didik di era teknologi handphone saat ini dalam hal integritas kesiswaan, ada gejala-gejala kesenjangan. Anak didik yang membawa handphone cenderung bersifat individualisme, mereka bergaul atau bercakap-cakap bukan dengan teman yang berada di sebelahnya, melainkan orang yang berada di luar lingkungan belajarnya dengan sarana SMS atau telepon pada handphone-nya. Disini peneliti dapat merumuskan masalah sebagai berikut

B. Rumusan Masalah

1.      Pengertian Handphone, Dampak Positif dan Negatif?

2.      Pengertian Akhlak?

3.      Apa saja pengaruh Handphone terhadap Akhlak seorang anak khususnya Usia 10 sampai 14 tahun?

C. Tempat Penelitian

            Penelitian ini saya lakukan di desa saya sendiri Khususnya di Parit 8 tengah Desa Dataran Pinang Rt. 02 Kec. Kuala Betara

D. Tujuan

      Agar mengetahui apa saja pengaruh dari penggunaan handphone, yakni dampak Positif dan Negatif, Pengertian Akhlak dan apa saja pengaruh handphone terhadap akhlak seorang anak.

 

BAB II

PEMBAHASAN

A. Pengertian Handphone (Hp)

1.      Hanphone dan Dampaknya

a.       Pengertian dan Asal Usul Hanphone

            Kata “alat” Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, adalah sesuatu yang dipakai untuk mengerjakan sesuatu atau bisa juga disebut perkakas, perabotan yang dipakai untuk mencapai maksud. Telepon genggam atau Hanphone adalah sebuah perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon fixed line sehingga konvesional namun dapat dibawa kemana-mana (portable) dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon menggunakan kabel (nirkabel, wireless). Telepon genggam sering disebut hanphone (HANDPHONE) atau telepon selular (ponsel) adalah perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon konvensional saluran tetap, namun dapat dibawa kemana-mana (portabel, mobile) dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon menggunakan kabel.  Hanphone tersebut, merupakan pengembangan teknologi telepon yang dari masa ke masa mengalami perkembangan, yang di mana perangkat hanphone tersebut dapat digunakan sebagai perangkat mobile atau berpindah-pindah sebagai sarana komunikasi, penyampaian informasi dari suatu pihak kepihak lainnya menjadi semakin efektif dan efesien.

 

b.      Dampak Positif Dan Negatif Hanphone

            Banyak orang percaya bahwa banyak sekali pengaruh hanphone terhadap prestasi belajar siswa. Hanphone sendiri atau yang biasa disebut dengan handphone ini tentu bukan hal asing lagi bagi para siswa sekolah. Bila dulu penggunaannya mungkin hanya terbatas pada siswa sekolah tingkat atas dan universitas, zaman sekarang siswa SD pun sudah banyak yang memiliki handphone. Tak bisa dipungkiri bahwa hanphone memang punya beragam manfaat, tak hanya bagi orang kantoran atau orang dewasa lainnya, tapi juga bagi para pelajar. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, banyak pula dampak-dampak negatif hanphone yang merugikan para siswa.

1)      Dampak Positif Hanphone pada Siswa

      Untuk mengetahui lebih jauh apa saja pengaruh hanphone terhadap prestasi belajar siswa, berikut adalah beberapa contoh kegunaan hanphone dari segi positif.

a)      Sebagai alat komunikasi jarak jauh, hanphone menjadi andalan siswa untuk berinteraksi dengan teman-temannya. Hal ini bisa mempermudah siswa untuk mengkoordinasi teman-temannya bila ingin belajar kelompok atau mengerjakan tugas bersama.

b)      Hanphone bisa menyimpan suatu data dan mudah dibawa kemana-mana, ini tentu sangat berguna. Manfaat hanphone bagi siswa berdasarkan hal ini misalnya siswa bisa mencatat materi pelajaran dan bisa menghapalnya di mana pun dan kapan pun. Contoh lain, siswa mencatat beberapa informasi penting dan menyimpannya dalam handphone, missal pengumuman ujian, suatu materi yang ia lihat di sebuah buku di toko buku, dll.

c)      Pengaruh hanphone terhadap prestasi belajar siswa tak hanya dalam bidang pelajaran. Hanphone memiliki fitur-fitur hiburan, seperti musik (MP3) atau game. Fitur ini bisa menghibur para siswa yang mungkin penat saat belajar. Dengan demikian otak siswa akan kembali segar dan mampu menampung materi pelajaran dengan baik. Saat ini telah banyak diproduksi hanphone berfitur internet. Hal ini cukup memudahkan para siswa untuk mencari informasi tentang materi pelajaran lewat internet yang sudah tersedia di hanphone.

2)      Dampak Negatif Hanphone pada Siswa

      Handphone adalah alat komunikasi aktif yang universal dan fleksibel. Pada awalnya merupakan barang mewah, tetapi sekarang sudah bukan lagi. handphone telah menjadi bagian gaya hidup. Tidak hanya orang-orang penting yang memanfaatkan handphone, tetapi orang biasapun telah menggunakan handphone. Begitu juga anak- anak sekolah. Mereka merupakan konsumen terbesar untuk handphone.  Beberapa akibat yang ditimbulkan oleh keberadaan handphone bagi anak-anak adalah:

a)      Mengalihkan Perhatian. Dalam kenyataannya, handphone berhasil mengalihkan perhatian siswa dari proses pembelajarannya. Mereka lebih memperhatikan handphone daripada semua penjelasan yang diberikan guru. Tentunya jika kondisi ini terjadi, maka pengaruh handphone terhadap prestasi belajar benar-benar mereka alami. Akibat terlalu memperhatikan handphone, maka penjelasan guru diabaikan. Akibatnya, prestasi mereka-pun merosot. Ini merupakan salah satu akibat dari pengaruh handphone pada anak-anak.

b)      Menurunkan Konsentrasi Konsentrasi adalah tingkat perhatian kita terhadap sesuatu. Dalam konteks belajar, berarti tingkat perhatian siswa terhadap segala penjelasan dan bimbingan belajar sang guru. Seharusnya, seluruh perhatian siswa diarahkan pada apa yang sedang mereka pelajari, tetapi seringkali handphone menyita sebagian besar waktu mereka. Sementara kita tahu bahwa penjelasan dan bimbingan guru merupakan salah satu cara belajar yang efektif. Jika mereka tidak memperhatikan, maka mereka telah kehilangan kesempatan untuk mengetahui apa yang telah mereka pelajari. Akibatnya, saat evaluasi, mereka tidak mempunyai bekal untuk evaluasi tersebut. Dan, nilai yang didapatkannya pasti rendah. Nilai rendah yang didapatkan siswa pada saat evaluasi diindikasikan sebagai proses pembelajaran yang tidak berhasil atau gagal.

c)      Melupakan Tugas dan KewajibanHandphone sebenarnya sangat bermanfaat jika dipergunakan sebagaimana fungsinya. Tetapi yang terjadi selama ini terjadi, khususnya pada anak-anak adalah penyalahgunaan handphone untuk keperluan lain. Anak-anak asyik bermain dengan handphone dan melupakan tugas kewajiban utamanya. Mereka tidak lagi memperhatikan tugas kewajibannya sebab disibukkan oleh handphone. Akibatnya, anak tidak menguasai materi belajarnya. Tidak ada satupun materi yang tersimpan dalam memori otak sebab memang tidak ada yang dimasukkan ke sanaPada saat proses pembelajaran berlangsung, seringkali kita melihat  beberapa siswa bermain handphone. Walaupun sudah sering diperingatkan untuk tidak menggunakan handphone saat proses pembelajaran, tetapi pelanggaran tersebut tetap saja terjadi, mereka sembunyi sembunyi saat melakukannnya. Tidak mungkin kita secara terus menerus merazia handphone mereka.

            Dengan bermain handphone saat proses pembelajaran berlangsung, itu artinya siswa telah mengabaikan dan melupakan tugas dan kewajiban utamanya. Hal ini tentu saja tidak boleh terjadi dan tugas kewajiban guru untuk memperingatkannya. Tetapi meskipun demikian, peranan guru tidak mungkin membatasi secara mutlak sebab ada anak yang menggunakan handphone tersebut untuk keperluan komunikasi dengan keluarganya. Misalnya jika mereka harus antar jemput saat bersekolah.

d)     Malas Belajar

            Anak-anak yang sudah kecanduan handphone, maka setiap saat yang dilakukannya hanyalah bermain handphone dan handphone. Mereka tidak pernah berpikir pada hal yang lainnya. Bagi mereka, yang terpenting adalah handphone. Jika ke mana-mana tidak ada handphone, maka rasanya tidak lengkap, bahkan ada beberapa anak yang  tidak mau melakukan kegiatan karena tidak punya handphone. Pada saat-saat belajar, anak-anak menghadapi buku dengan dampingan handphone. Pada awalnya handphone digunakan untuk mendengar musik untuk menciptakan suasana nyaman, refreshing pikiran. Tetapi, ketika ada yang mengirim sms atau menelpon, maka mulai saat itulah mereka berpindah kegiatan. Mereka sibuk dengan kegiatan barunya dan melupakan kegiatan belajar. Mereka jadi malas untuk belajar dan asyik bertelpon ria atau bersms ria.Keberadaan handphone memang sangat penting bagi kehidupan di zaman global ini. Tetapi jika ternyata handphone mengganggu proses belajar dan menurunkan prestasi belajar anak, lebih baik mereka tidak diberi handphone. Oleh karena itulah, peranan orang tua, guru dan masyarakat sangat menentukan keberhasilan kit adalam meminimalisasi pengaruh handphone terhadap prestasi belajar siswa.Mengganggu Perkembangan Anak Dengan canggihnya fitur-fitur yang tersedia di hand phone (handphone) seperti : kamera, permainan (games) akan mengganggu siswa dalam menerima pelajaran di sekolah? Tidak jarang mereka disibukkan dengan menerima panggilan, sms, miscall dari teman mereka bahkan dari keluarga mereka sendiri. Lebih parah lagi ada yang menggunakan handphone untuk mencontek (curang) dalam ulangan. Bermain game saat guru menjelaskan pelajaran dan sebagainya. Kalau hal tersebut dibiarkan, maka generasi yang kita harapkan akan menjadi budak teknologi. f) Efek radiasi  Selain berbagai kontroversi di seputar dampak negatif penggunaannya,. penggunaan handphone juga berakibat buruk terhadap kesehatan, ada baiknya siswa lebih hati-hati dan bijaksana dalam menggunakan atau memilih handphone, khususnya bagi pelajar anak-anak. Jika memang tidak terlalu diperlukan, sebaiknya anak-anak jangan dulu diberi kesempatan menggunakan handphone secara permanen.

e)      Rawan terhadap tindak kejahatan Sangat berpotensi mempengaruhi sikap dan perilaku siswa.  Jika tidak ada kontrol dari guru dan orang tua. handphone bisa digunakan untuk menyebarkan gambar-gambar yang mengandung unsur porno dan sebagainya yang sama sekali tidak layak dilihat seorang pelajar.

f)       Pemborosan

            Dengan mempunyai handphone, maka pengeluaran kita akan bertambah, apalagi kalau handphone hanya digunakan untuk hal-hal yang tidak bermanfaat maka hanya akan menjadi pemborosan yang saja.

g)      Meningkatnya video porno dan kata-kata yang tidak senonoh

 

B. Pengertian Akhlak

            Kata akhlak berasal dari kata khalaqa dengan akar kata khuluqan (bahasa arab) yang berarti perangai, tabi’at, dan adat atau kata  khalqun (bahasa arab) yang berate kejadian, buatan, ciptaan. Jadi secara etimologis akhlak berarti perangai, adat, tabi’at atau sistem perilaku yang dibuat. Secara kebahasan  akhlak bias baik dan bias buruk, tergantung kepada tata nilai yang dijadikan landasan  atau tolak ukurnya. Di Indonesia, kata akhlak selalu berkonotasi positif. Orang yang baik seringkali disebut orang yang berakhlak, sementara orang yang tidak baik seringkali disebut orang yang tidak berakhlak Secara istilah, akhlaq adalah sistem nilai yang mengatur pola sikap dan tindakan manusia di atas bumi. Sistem nilai yang dimaksud adalah ajaran Islam, dengan Alquran dan Sunnah Rasul sebagai sumber nilainya serta ijtihad sebagai metode berpikir Islami. Pola sikap dan tindakan yang dimaksud mencakup pola-pola hubungan dengan allah, sesama manusia (termasuk dirinya sendiri), dan dengan alam

 

C. Pengaruh Handphone Terhadap Akhlak  Seorang Anak 

            Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dengan judul pengaruh handphone terhadap Akhlak seorang anak siswa dari umur 10 sampai 14 tahun di parit 8 tengah desa dataran pinang, bahwa dibalik segala kemudahan yang diberikan Handphone, tentunya memberikan pengaruh yang negatif bagi Anak dari hasil penelitian menunjukan:

1.      Menjadikan Anak malas belajar ataupun beraktivitas lainnya yang lebih menguntungkan dari pada hanya membuka dan mengakses Handphone umtuk bermain game.

2.      Gaya hidup yang tidak sesuai dengan pola kehidupan di dalam lingkungan yang mereka tempati,dalam hal ini mereka banyak melihat video video di tiktok sehingga mereka mengikuti gaya gaya yang kurang sopan.

3.      Berani  untuk bertengkar disebabkan seringnya bermain game online yang di dalamnya terdapat adegan-adegan berbahaya, kekerasan, peperangan yang menyebabkan siswa untuk terpengaruh mengaplikasikannya dalam kehidupan apabila merasa dirinya terganggu.

4.      Membolos Sekola dikarenakan siswa lebih merasa asik atau nyaman ketika berada di warnet, dari pada belajar di sekolah. Handphone juga memiliki sisi positif yang berguna untuk para siswa  yaitu digunakan untuk menyelesaikan tugastugasnya di sekolah dan juga digunakan untuk berkomunikasi.

5.      Membantah Orang tua,

      Ketika anak di suruh orang tua pada saat bermain game Seorang anak lebih cendrung menolak dari pada menuruti perintah orang tua, bahkan ketika saya melakukan penelitian ada ada beberapa anak yang berkata kasar terhadap orang tua nya karena tidak mau di suruh orang tuanya.

      Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknologi handphone berpengaruh terhadap moral anak di parit 8 desa dataran pinang khususnya di usia 10 sampai 14 tahun.

 

BAB III

PENUTUP

A. Kesimpulan

1.      Hanphone adalah sebuah perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon fixed line sehingga konvesional namun dapat dibawa kemana-mana (portable) dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon menggunakan kabel (nirkabel, wireless).

2.      Akhlak adalah tingkahlaku seseorang yang di dorong oleh seuatu keinginan secara mendasar untuk melakukan suatu perbuatan

3.      Pengaruh Handphone terhadap akhlak seorang anak

a.       Menjadikan Anak malas belajar ataupun beraktivitas lainnya

b.      Gaya hidup yang tidak sesuai dengan pola kehidupan di dalam lingkungan yang mereka tempati,dalam hal ini mereka banyak melihat video video di tiktok sehingga mereka mengikuti gaya gaya yang kurang sopan.

c.       Berani  untuk bertengkar disebabkan seringnya bermain game online Membolos Sekola dikarenakan siswa lebih merasa asik atau nyaman ketika berada di warnet, dari pada belajar di sekolah. Handphone juga memiliki sisi positif yang berguna untuk para siswa  yaitu digunakan untuk menyelesaikan tugas tugasnya di sekolah dan juga digunakan untuk berkomunikasi.

d.      Membantah Orang tua,

B. Saran

            Jika dalam penelitian mini riset ini terdapat banyak kesalahan dalam Penulisan maupun penjelasan yang kurang jelas, atau tidak sesuai, penulis mohon maaf yang sebesar-besarnya, maka dari itu kritik dan saran yang bisa membangun agar kedapannya dapat di perbaiki.

 

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengaruh Handphone Terhadap Akhlak seorang anak"

Post a Comment